Transaksi Aman dan Nyaman dengan VCN BNI Debit Online



Gambar dari: deccanchronicle.com (modified)
Belanja online bukan barang baru lagi, ya di jaman sekarang?! Saya sendiri jadi keranjingan belanja online sejak sakit sekitar setahun silam. Beli produk perawatan tubuh yang organik, online. Beli sepatu dan tas, online. Sampe beli makan aja saya lewat ponsel atau online di netbuk. Jujur saya emang terlanjur dimanjain sama dunia saya dalam kotak-yang-biasa-saya-sebut-kerajaan-kecil-vita tapi saya bisa melakukan banyak hal dari dalam sana. 

Tapiiiiii... nggak sedikit juga orang yang masih takut-takut buat belanja online. Takut ketipu-lah. Takut transaksi gagal-lah. Lha gimana ceritanya kok takut transaksi gagal?! Ini mungkin karena jaringan internet yang lemot atau bank yang emang kurang trusted. Kalo saya sih udah terlanjur kepincut sama BNI. Seperti yang udah saya ceritain sebelumnya di sini: BNI Setia Menemani Mewujudkan Mimpi , saya emang udah dependen banget sama bank satu ini. Sampe-sampe saya pakai fitur internet banking supaya saya nggak perlu ke ATM apalagi ke bank kalo mau transaksi. 

Tapi yang namanya saya ya tetep aja ada cerobohnya. Kadang saya lagi kemana, lupa deh nggak bawa token. Beruntungnya BNI emang ngerti banget problem nasabahnya. Bahkan ada fitur yang lebih keren dari sekedar token internet banking. BNI Debit Online dengan MasterCard VCN. Ini bahkan bisa dipake buat transaksi di seluruh situs online berlogo Mastercard di SELURUH DUNIA. Keren banget, yak!

Di Indonesia sendiri saya coba di Bibli.com dan Traveloka. Panduannya juga gampang banget. Ada kok di penjelasan tentang cara pembayarannya. Yang penting kita udah pernah registrasi dan aktivasi SMS banking. Jenis tabungan BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis, BNI Emerald Saving, BNI Giro Perorangan, semua bisa dipakai untuk transaksi BNI debit Online dengan MasterCard VCN ini. Bahkan tabungan saya yang dulu masih BNI Taplus Muda alias yang kartu ATM-nya masih jadi satu dengan kartu mahasiswa juga bisa. Asal ada LOGO MASTERCARD.

BNI Debit Online ini merupakan inovasi pembayaran yang mudah, cepat dan aman untuk transaksi belanja di Merchant online menggunakan Virtual Card Number (VCN).

Tentang Fitur dan Keuntungan dari VCN

VCN ini berfungsi sebagai pengganti nomor asli BNI Kartu Debit berlogo MasterCard yang sumber dananya berasal dari rekening tabungan/giro perorangan. VCN terdiri dari 16 digit yang hanya berlaku dalam satu jam untuk sekali transaksi. VCN ini diperoleh dari SMS BNI.
Dengan bertransaksi menggunakan debit online ini, kita nggak perlu cemas dan takut kalo kena cyber fraud karena nomor kartu yang asli tetap aman dan rahasia. Kita kan enggak ngasih nomor kartu kita, tapi kita Cuma ngasih kode ke sistem pembayaran di merchant online tersebut yang secara otomatis terhubung ke sistem dari bank BNI.

Itu keuntungan pertama. Nah, keuntungan kedua kalo kita transaksi menggunakan VCN adalah masa berlaku yang terbatas. Ini mengurangi resiko penipuan. Dan ketiga, VCN ini memudahkan nasabah mengatur budget belanja karena kita bisa menentukan batas maksimum yang bisa dibelanjakan.

Cara Berbelanja dengan BNI Debit Online

Syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu tentunya kita harus punya kartu debit BNI yang ada logo MasterCard-nya. Setelah itu lakukan aktivasi BNI SMS Banking. Lalu aktivasi VCN BNI lewat Call BNI. Kalo ada pertanyaan dan masih bingung langsung aja kontak Call BNI di (021) 500046/68888. Setelah itu kita baru bisa berselancar ke toko-toko online di seluruh dunia. Nah, ini saya kasih simulasi transaksi di Traveloka.

1.       Masuk ke situs http://www.traveloka.com lalu selesaikan booking hotel atau tiket, kemudian isi data valid penumpang dan pemesan.
2.      Lakukan proses checkout pembayaran seperti biasa, pilih metode pembayaran BNI Debit Online.
3.      Lewat ponsel, ketik REQ(spasi)VCN(spasi)(nominal transaksi) dan kirim ke SMS Banking BNI 3346.
4.      Terima SMS balasan dari BNI, berisi perintah mengetik dua digit acak PIN anda.
Gambar: traveloka.com

5.     Terima notifikasi status request BNI Debit Online via SMS berupa VCN yang terdiri dari 16 digit, valid thru (bulan/tahun), dan tiga digit nomor CVC2.
6.     Input data tersebut di kolom yang tersedia pada menu pembayaran. Klik Bayar.
7.     Terima SMS dan email konfirmasi dari Traveloka.com.

Saya transaksi terakhir di Traveloka untuk beli tiket pesawat dan booking dormitory. Saldo kita akan otomatis terpotong kalau transaksinya sukses sesuai dengan nominal yang kita request. Nggak ada biaya administrasi tambahan, kecuali biaya pulsa SMS aja. Kalo misalnya kita gagal meminta VCN itu bisa karena format SMS-nya salah, belum registrasi dan aktivasi fitur BNI SMS Banking untuk transaksi finansial, atauuuu... baru aja mengaktifkan BNI SMS Banking untuk transaksi finansial dan prosesnya sedang berjalan. Alasan terakhir ini adalah jawaban untuk kasus penerima jawaban BNI SMS Banking: “Maaf, anda belum dapat menggunakan fitur VCN.” 

Kalo nggak  percaya, silakan kontak Call BNI atau kontak pegawai BNI-nya. Hoho. Kalo saya sih udah malu bolak-balik bank untuk urusan keteledoran. Jadi biasanya kalo ada masalah teknis dan saya males keluar untuk ke bank, saya prefer ngetwit ke BNI aja @BNI46. Responnya juga cepet, kok. Juga untuk kasus penipuan yang pernah saya alami dan mungkin akan saya ceritakan di lain kesempatan.

Nah, kalo transaksinya gagal gimana? Emmm... jadi fitur ini tuh mirip banget sama token di internet banking gitu deh prinsipnya. Pake kode-kode gitu. Jadi kalo transaksinya gagal ya saldo tabungan kita nggak kepotong. Bahkan kita juga bisa ngasih VCN ini ke orang lain. Jadi saldo yang dipotong bener-bener sebesar nilai transaksi aja.

Banyak juga promo yang ditawarkan oleh toko-toko online kalo kita bayar pakai BNI Debit Online dengan VCN MasterCard ini. Lumayan juga loh diskonnya. Diskon kheuseuuusss. Apalagi buat saya yang emang belum punya kartu kredit. Jadi terbantu banget dengan fitur-fitur semacam ini. Kalo menurut saya sih lebih baik pakai debit, kalo pakai kartu kredit kan kita ngutang sama bank. Kalo pake debit, kita belanja sesuai dengan kebutuhan dan jumlah saldo kita. IMHO, sih.
 
Gambar: kurochihiro33.deviantart.com (modified)
Makin keranjingan aja belanja online. Itung-itung nambahin frekuensi transaksi biar kesempatan menang undian BNI juga makin besar. Hihi. Jangankan belanja online yang emang harus pakai debit baik VCN maupun token BNI Internet Banking, belanja di mall aja saya pilih pakai debit supaya nggak bawa-bawa uang cash. Tapi ya emang harus sering-sering nambahin saldo tabungan juga dong biar transaksi online-nya juga lancar jaya. Artinya... saya harus cepet dapet duit rutin segudang tiap bulan! Plus rajin-rajin isi pulsa karena minusnya fitur ini adalah kita harus selalu punya pulsa buat SMS.

Pengen nyoba fitur ini buat beli coffee machine-nya HB dan buat belanja buku di luar negeri. Katanya sih fitur ini bisa juga buat transaksi perpanjang Whatsapp Messenger. Bahkan bisa buat bayar iklan di Facebook. Keren, ya! Tapi kalo buat Paypal bisa nggak, ya? Ada yang pernah coba?

14 comments

  1. Makasih rinda infonya cucookkkk buat yg apa2 dikerjakan dari gadget yaa....

    ReplyDelete
  2. Makasih rinda infonya cucookkkk buat yg apa2 dikerjakan dari gadget yaa....

    ReplyDelete
  3. Keren aplikasi pembayaran makin canggih ya dari hari ke hari

    ReplyDelete
  4. Ah jadi tau deh, thanks info nya onty :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama, Mamiiiii. Makasih udah mampir, nih bawa pisang coklatnya buat kakak ubii

      Delete
  5. Ahhh teknologi, seneng deh hidup jadi lebih mudah. Bisa jadi alternatif kartu kredit ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prinsipnya beda dg kartu kredit, karena ini pakai debit.

      Delete
  6. so so....I'm coming here.
    Semangat dan gutlak ya Mbak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuuu... aamiin yaa rabb... makasih mak rieeee :*

      Delete
  7. Selamat atas kemenangan di lomba blog BNI debit online ^_^

    ReplyDelete
  8. Nyimak kunjungan perdana, salam kenal

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<