Ketertarikan
pada jurnalisme dan media menuntun langkah saya mengikuti ajakan seorang kawan
untuk menyambangi Festival Media Yogya di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi
Hardjasoemantri, UGM, kemarin (28/9). Konon acara ini merupakan rangkaian perayaan
ulang tahun Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yang ke-19 berlangsung dari 28-29
September 2013.Disana terdapat aneka booth
berbagai media daerah dan nasional bahkan multinasional termasuk booth Harian Jogja. Ada satu yang sangat berkesan bagi saya, booth Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY).
Booth yang didominasi warna hijau
muda ngejreng ini ‘dihidupkan’ pula
oleh para relawannya yang enerjik dan pandai menarik hati pengunjung.
Booth ini
menyediakan informasi mengenai safety and
health consumer, kampanye produk-produk ramah lingkungan dan kesehatan.
Selain itu ada juga games puzzle,
menjawab pertanyaan, dan konspirasi alias konsumen punya aspirasi. Akan sangat
baik sekali jika festival ini berfungsi sebagai sarana mendekatkan diri antara
media massa dengan masyarakat. Jika tujuan tersebut tidak tercapai sepenuhnya
juga sayang sekali. Demikian juga kampanye yang digaung-gaungkan oleh LKY.